Mengenai Saya

Kamis, 13 Mei 2010

perkembangan kognitif Vygotsky

  • Vygotsky sangat meyakini bahwa pengaruh sosial (khususnya pengajaran) sangat penting dalam perkembangan kognitif anak. vygotsky memberi istilah terhadap sesuatu yang sulit dikuasai anak seorang diri tetapi dpt dipelajari dengan bantuan ornag dewasa atau anak-anak yang sudah terlatih dengan istilah Zona perkembangan proksimal.
  • dalam teori vygotky ada istilah scaffolding yaitu suatu perubahan tingkat dukungan. misalnya ketika seorang anak berusia 3 tahun belajar menghafal angka dalam bahasa inggris, saat memperkenalkan angka-angak tersebut pengajarnya memberikan instruksi secara langsung, jika anak salah menyebutkan angka, maka pengajarnya memberitahukan angka yg sebenarnya, namun ketika anak sudah mulai bisa menghafal dan terjadi kesalahan, maka pengajarnya tidak langsung menyebutkan angka yang sebenarnya, namun memberi anak tanda-tanda agar dia bisa mengingat dan memperbaiki lafalan yang salah tersebut.
  • vygotsky mengatakan bahwa bahasa dan pikiran pada awalnya berkembang terpisah dan kemudian menyatu. ia menekankan bahwa semua sumber mental memiliki sumber eksternal atau sosial. vygotsky percaya bahwa anak yg kerp menggunakan private speeach (penggunaan bahasa untuk kemandirian pribadi) akan lebih kompeten secara sosial dibanding mereka yang tidak anak yang .
  • berikut adalah beberapa langkah teori vygotsky yang dapt diterapkan :
  1. nilailah ZPD anak.
  2. gunakan ZPD anak dalam pengajaran
  3. manfaatkan lebih banyak teman sebaya yang trampil sebagai guru
  4. awasi dan doronglah anak untuk memanfaatkan private speeach
  5. tempatkan instruksi pada konteks yang bermakna
  6. ubalah ruang kelas seperti teori vygotsky.